RSS

Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS 3 SMA Tarakanita 1 Jakarta dalam Pembelajaran Materi Fungsi Naik dan Fungsi Turun Menggunakan Pendekatan Student Teams Achievement Division (STAD) dan Penggunaan Software Graphmatica pada Tahun Pelajaran 2012/2013

30 Mei

ABSTRAK

Theresia Veni Tri Nugraheni, S. Pd. 2013. Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas  XI IPS 3 SMA Tarakanita 1 Jakarta dalam Pembelajaran Materi Fungsi Naik Dan Fungsi Turun Menggunakan Pendekatan Student Teams Achievement Division (STAD) dan Penggunaan Software Graphmatica pada Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian Tindakan Kelas. SMA Tarakanita 1 Jakarta.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya peningkatkan prestasi siswa kelas XI IPS 3 SMA Tarakanita 1 Jakarta menggunakan pendekatan Student Teams Achievement Division (STAD) dan penggunaan software graphmatica dalam materi Fungsi naik dan Fungsi Turun pada tahun pembelajaran 2012/2013.

Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS 3 SMA Tarakanita 1 Jakarta tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Instrumen yang digunakan untuk menjawab rumusan masalah dalam penelitian ini adalah kuis dan hasil ulangan harian materi fungsi naik dan fungsi turun. Namun, peneliti juga melakukan observasi dan meminta siswa untuk mengisi angket. Observasi dilakukan saat pembelajaran harian materi fungsi naik dan fungsi turun berlangsung. Angket digunakan untuk mengetahui respon siswa selama pembelajaran.

Berdasarkan hasil penelitian mengenai pembelajaran pada materi Fungsi naik dan Fungsi Turun menggunakan pendekatan Student Teams Achievement Division (STAD)  dan penggunaan software graphmatica pada siswa kelas XI IPS 3 SMA Tarakanita 1 Jakarta tahun pelajaran 2012/2013, maka dapat disimpulkan berdasarkan hasil rata-rata peningkatan nilai tes siswa dapat dikatakan bahwa pembelajaran pada materi Fungsi naik dan Fungsi Turun menggunakan pendekatan STAD dan penggunaan software graphmatica dapat meningkatkan prestasi siswa kelas XI IPS 3 SMA Tarakanita 1 Jakarta tahun pembelajaran 2012/2013. Hal ini dapat dilihat dari hasil rata-rata peningkatan nilai tes siswa, yaitu sebesar 15,22 atau dapat dikatakan berada dalam kategori baik. Hal ini juga diperkuat dari hasil observasi  maupun hasil angket respon siswa. Berdasarkan obervasi yang dilakukan peneliti, terlihat bahwa respon siswa dalam pembelajaran baik, hal ini peneliti lihat dari keaktifan siswa dalam pembelajaran ataupun dalam diskusi kelompok. Sedangkan berdasarkan hasil angket respon siswa dapat dilihat bahwa persentase total skor siswa sebesar 76% atau berada dalam kategori baik sekali.

Abstrak STAD

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Mei 30, 2013 in Abstrak Makalah/PTK

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: