RSS

Analisis Kesalahan Siswa Kelas X-1 SMA Tarakanita 1 Jakarta dalam Mengerjakan Soal-Soal pada Topik Pemangkatan Tahun Pelajaran 2009/2010

06 Jul

Abstrak Analisis Kesalahan

Abstrak

Theresia Veni Tri Nugraheni, S. Pd. 2009. Analisis Kesalahan Siswa Kelas X-1 SMA Tarakanita 1 Jakarta dalam Mengerjakan Soal-Soal pada Topik Pemangkatan Tahun Pelajaran 2009/2010. Makalah. SMA Tarakanita 1 Jakarta.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan-kesalahan yang dominan dibuat siswa SMA Tarakanita 1 Jakarta kelas X1 pada tahun pelajaran 2009/2010 dalam mengerjakan soal-soal topik pemangkatan.

Subyek pada penelitian ini adalah siswa SMA Tarakanita 1 Jakarta Kelas X-1 pada tahun pelajaran 2009/2010. Terdapat 37 siswa yang mengikuti tes esai. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data yang dikumpulkan melalui tes esai soal-soal topik Pemangkatan yang terdiri dari tiga soal.

Hasil penelitian ini menunjukkan jenis kesalahan-kesalahan yang paling dominan dilakukan siswa, yaitu kesalahan konsep dan kesalahan teknis. Tipe-tipe kesalahan pada jenis kesalahan konsep, yaitu kesalahan yang berkaitan dengan konsep pemangkatan bentuk aljabar  (a + b)2 = a2 +2ab + b2, kesalahan yang berkaitan dengan sifat pemangkatan , kesalahan yang berkaitan dengan sifat pemangkatan , kesalahan yang berkaitan dengan sifat pemangkatan , dan kesalahan yang berkaitan dengan sifat pemangkatan . Tipe kesalahan pada jenis kesalahan teknis, yaitu kesalahan perhitungan.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Juli 6, 2011 in Abstrak Makalah/PTK

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: